5 Keuntungan Investasi Saham yang Wajib Diketahui oleh Pemula

  • Share
keuntungan investasi saham

Mikaylabinar.com– Keuntungan investasi saham bagi pemula. Saham merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan untuk dilakukan di masa depan.

Hal itu karena investasi saham dapat menambah penghasilan bahkan dapat mengakumulasi nilai kekayaan kita. Selain itu, investasi saham mudah dilakukan apalagi bagi pemula.

Namun, sebelum melakukan investasi bagi kebanyakan tentunya perlu mengetahui keuntungannya. Hal tersebut juga berlaku untuk investasi saham.

Mungkin di antara kamu akan bertanya-tanya, apa saja keuntungan investasi saham? Berikut adalah keuntungan yang akan didapat dari investasi saham.

1.   Kemungkinan Memperoleh Capital Gain

Salah satu keuntungan investasi saham yang mungkin kamu dapatkan dalam jangka panjang adalah capital gain.

Hal tersebut karena nilai saham perusahaan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada umumnya, perkembangan saham perusahaan akan diikuti oleh kenaikan nilai saham.

Jadi, yang dimaksud dengan capital gain adalah selisih nilai saham saat menjual dengan nilai saham saat membeli. Oleh karena itu, disarankan untuk menjual saham saat nilai saham tinggi dan membelinya saat nilai saham turun.

2.   Investasi Saham Mendatangkan Dividen Bagi Pemiliknya

Keuntungan lainnya dari investasi saham adalah mendapatkan dividen. Pastinya, dividen ini dinilai sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Perlu kamu ketahui, dividen adalah pembagian laba untuk para pemegang saham.

Pada umumnya, dividen dibagi berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham.

Dividen ini juga akan dibagikan secara adil kepada pemegang saham. Namun, ketentuan pembagian dividen dilakukan berdasarkan RUPS, yaitu Rapat Umum Pemegang Saham.

Jadi, jika kamu memiliki lembar saham paling banyak dalam suatu perusahaan maka dividen yang kamu terima akan banyak juga.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu memiliki lembar saham sedikit maka dividen yang diterima pun sedikit.

3.   Modal untuk Investasi Saham Fleksibel atau Menyesuaikan

Tentunya, masalah utama bagi pemula saat ingin melakukan investasi adalah modal. Namun, dalam investasi saham ini, pemula tidak perlu khawatir karena modal untuk investasi saham ini fleksibel dan menyesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

Perlu kamu ketahui, saat ini ada investasi saham dengan modal Rp100.000,00. Pastinya, modal tersebut terjangkau bagi para pemula. Namun, tetap akan mendatangkan keuntungan besar.

4.   Investasi Saham Mudah Dilakukan

Di era digital yang serba canggih, investasi saham tidak hanya bisa dilakukan di bursa efek saja melainkan dapat dilakukan secara online di manapun kamu berada.

Artinya saat ini, investasi saham secara online dapat dilakukan di manapun dan kapanpun.

Pada umumnya, kamu akan dipandu terlebih dulu sebelum melakukan investasi saham. Panduan investasi saham ini dapat kamu peroleh secara online dari lembaga keuangan.

Jadi, kamu dapat melakukan aktivitas investasi saham dan monitoring naik turunnya nilai saham di rumah.

5.   Investasi Saham Bersifat Transparan

Keuntungan lainnya dari investasi saham selain mudah dilakukan adalah bersifat transparan. Artinya kamu dapat memantau atau melakukan monitoring dari nilai saham yang kamu miliki.

Nah, untuk melakukan monitoring ini kamu bisa datang langsung ke kantor bursa efek atau dapat juga dilakukan di rumah secara online melalui smartphone.

Jadi, bagi pemula yang ingin berinvestasi saham tidak perlu khawatir karena investasi saham ini aman dan bersifat transparan.

Itulah 5 keuntungan investasi saham yang wajib diketahui oleh para pemula. Pastinya, investasi saham ini akan menguntungkan jika kamu handal dalam bermain saham.

Oleh karena itu, pahami cara investasi saham dengan saksama supaya kamu mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *