5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan
5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

Cara mengatur keuangan untuk masa depan- Saat memasuki usia dewasa, maka sudah waktunya untuk mengatur keuangan secara bijak. Seiring bertambahnya usia, tentunya Anda harus sudah lebih pintar memilih antara kebutuhan dan juga keinginan.

Tips Mengatur Keuangan

Semakin besar pendapatan yang diperoleh tidak akan menentukan pendapatan finansialnya berjalan stabil. Bagaimana cara mengatur keuangan untuk masa depan? Untuk meminimalisir kondisi keuangan berantakan, maka terapkan tips berikut ini. 

1. Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta mungkin lebih sulit, karena terkadang sudah habis untuk memenuhi kebutuhan. Namun setidaknya Anda bisa mengambil 10-20% uang untuk ditabung secara rutin tiap bulannya.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya setiap orang tidak mengetahui kejadian apa yang akan menimpa kedepannya. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menyisihkan berapa persen untuk ditabung. 

2. Membuat Rincian Pengeluaran

Silahkan buat pos pos pengeluaran tiap bulannya untuk memenuhi kemana saja uang nantinya digunakan. Misalnya Anda membuat pos pengeluaran untuk kebutuhan makan tiap hari, melunasi hutang, belanja kebutuhan primer, atau kebutuhan entertainment.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan atau catat manual di notebook. 

3. Mencoba Berinvestasi

Untuk bisa mempersiapkan masa depan yang cerah, maka akan lebih baik jika Anda mengambil langkah untuk mulai berinvestasi. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda gunakan seperti saham, emas, reksadana, obligasi, dan lain-lain.

Sebagai awalan, coba saja untuk memilih instrumen investasi dengan risiko paling rendah. Mengapa demikian? Karena seiring bertambahnya usia, maka hasil dari investasi yang dilakukan sejak dini akan banyak manfaatnya. 

4. Melunasi Seluruh Hutang Secara Tepat Waktu

Cara mengatur keuangan untuk masa depan berikutnya perlu dilakukan dengan melunasi segala hutang tepat pada waktunya. Misalnya Anda memiliki cicilan KPR ataupun kartu kredit, maka alangkah baiknya untuk melunasi tepat waktu.

Hal seperti ini perlu dilakukan agar Anda tidak terkena bunga tinggi dan skor kredit bisa terjaga baik. Jika Anda memiliki cicilan kredit, maka usahakan untuk selalu membayarnya penuh agar terhindar dari kebiasaan konsumtif. 

5. Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit sangat memudahkan dalam melakukan perbelanjaan dan memiliki barang dengan cara menyicil tiap bulannya. Penggunaan kartu kredit tentunya harus bisa dikontrol sesuai dengan porsi dan tidak menggunakannya untuk keperluan yang sifatnya konsumtif.

Tips bijak menggunakan kartu kredit yaitu membayar cicilan bulanan dengan metode pembayaran penuh. Jangan sekali-kali meminjamkan kartu kredit ke kerabat atau orang lain sembarangan. 

Kartu kredit yang berpindah tangan, biasanya sulit untuk dikontrol kemana pengeluarannya. Hal ini akan membuat Anda menjadi banyak tagihan dan sulit mengatur keuangan tiap bulannya. Banyak orang dengan gaji besar ternyata belum mampu membuat keuangannya stabil.

Maka dari itu penting mengetahui cara mengatur keuangan untuk masa depan. Merencanakan keuangan baik mulai sekarang tentunya akan memberikan dampak besar ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *